Latest Updates
Setting Router
Kamis, 26 Juli 2012

Dasar-Dasar Perintah Linux Yang Sering Digunakan User

dasar perintah linux
Linux merupakan salah satu sistem operasi saingan windows yang cukup mampuni dari segi GUI maupun Textnya bahkan bisa dibilang linux lebih unggul dibanding windows. Kali ini saya tidak membahas masalah GUInya tapi mengungkap sedikit perintah – perintah dasar yang harus anda kuasai untuk menggunakan sistem operasi yang satu ini.
Untuk Operasi Directory linux biasanya digunakan perintah : ls, cd, mkdir, rmdir 
Untuk Operasi file linux biasanya digunakan perintah : chmod, cat, more dan less, cp, mv, rm, find


1)  Operasi-operasi direktori
·       ls, merupakan singkatan dari list, sama seperti perintah dir digunakan untuk melihat daftar file pada suatu direktori.
ls <nama_direktori>
Menampilkan daftar nama file termasuk file yang bersifat hidden, yang diawali dengan titik (.)
                                 Ls -a
Menampilkan nama file pada direktori termasuk jenis, dan keterangan detail lainnya, seperti attribut (hak pakai/permission)
ls -l <nama_direktori>
·       cd, merupakan singkatan dari change directory, digunakan untuk berpindah dari satu direktori ke direktori lain. Contoh jika ingin berpindah ke direktori /home
cd /home
·       mkdir, Singkatan dari make directory, digunakan untuk membuat direktori. Untuk membuat suatu direktori digunakan :
mkdir <nama_direktori>
·       rmdir, Singkatan dari remove directory, digunakan untuk menghapus suatu direktori yang sudah tidak ada lagi isinya. Direktori yang masih berisi file tak dapat dihapus dengan cara ini.
rmdir <nama_direktori>
Sedangkan untuk menghapus direktori dan subdirektori di bawahnya, dapat digunakan :
rm -r <nama_direktori>
·       pwd, Singkatan dari path working directory, digunakan untuk melihat direktori saat ini (current directory)


2) Operasi-operasi File
Operasi file, adalah operasi-operasi / instruksi-instruksi yang ditujukan untuk pengolahan file, mulai dari memodifikasi, memindah, melihat isi, sampai dengan menghapusnya. Beberapa operasi file diantaranya adalah:
·          Chmod, digunakan untuk mengubah attribut/hak pakai suatu file atau direktori. Mirip dengan perintah attrib di DOS.
chmod hak_pakai <nama_file>
Dikenal tiga jenis hak_pakai, yaitu read (r), write (w) dan executable (x). Hak ini dapat diberikan pada owner (o), group (g), user lain di luar group tersebut - other (o) dan semua user - all (a). Hak pakai dapat dituliskan dalam bentuk bilangan oktal ataupun dalam bentuk deskripsi.
·          Cat, digunakan untuk menampilkan isi suatu file. Mirip dengan perintah type di DOS.
cat <nama_file>
Utilitas ini dapat juga digunakan untuk membuat (mengetik) suatu file dengan cara.
cat > <nama_file>
·          more dan less, Digunakan untuk menampilkan isi suatu file. Utilitas more akan menampilkan isi file dan berhenti pada tiap layar. Dengan menekan tombol spasi akan ditampilkan halaman berikutnya. Dengan less dapat digunakan tombol UP dan DOWN untuk naik turun dokumen yang ditampilkan. Untuk mengakhiri dari penampilan isi file dapat dilakukan dengan menekan “q”.
more <nama_file>
less <nama_file>
·          cp, digunakan untuk menyalin file, dapat juga digunakan untuk menyalin seluruh direktori, yakni dengan perintah (cp -a). Sama seperti perintah copy pada DOS .
cp <file_asal> <file_tujuan>
cp -r <direktori_1> <direktori_2>
cp -a <direktori_1> <direktori_2>
·          rm, merupakan singkatan dari ‘‘remove’’. Digunakan untuk menghapus suatu file atau directory (rm -r). Contoh :
rm <nama_file>
rm <nama_direktori>
·       mv, digunakan untuk memindahkan file, bisa juga dimanfaatkan untuk mengganti nama (rename) suatu file atau direktori. Contoh untuk mengganti nama file dari doc1.txt menjadi doc2.txt
mv /home/doc1.txt /home/doc2.txt
·       find, digunakan untuk mencari file atau direktori. Contoh jika ingin mencari sebuah file bernama doc1.txt.
find / -name doc1.txt  

 SEMOGA BERMANFAAT :)

Posting Komentar

Kritik dan Saran sangatlah dibutuhkan, agar blog ini menjadi blog yang lebih berkualitas, dan kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi para pengunjung yang telah berkomentar sesuai dengan tata cara yang benar dan tidak mengandung unsur negatif.

 

Komentar Terbaru

Pengarsipan

Info Blog

Free counters! SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Technology TopBlogIndonesia.com
W3 Directory - the World Wide Web Directory Copyrighted.com Registered & Protected 
QCFX-QQBN-4UEU-RIOH
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]