Latest Updates
Setting Router
Senin, 23 Juli 2012

Mengatasi Partisi Harddisk yang Tidak Terbaca Explorer

Pernah mengalami partisi harddisk/drive yang hilang dari peredaran alias tidak terbaca di explorer atau windows explorer?. Sedikit berbagi cara mengatasinya, karena beberapa teman-teman kantor pernah mengalami partisi harddisk ini. Partisi Harddisk tersebut sebenarnya tidak hilang, hanya windows explorer hanya akan membaca partisi yang tidak mempunyai 'drive letter', karena itu berikut beberapa langkah memulihkan kembali partisi harddisk yang tersembunyi.

Langkah 1 : Silahkan sobat-sobat hidupkan PC/Laptop sobat dan pastikan masih berjalan baik. Masuk ke Explorer, lihat apakah masih tersembunyi, dalam hal ini misal 'Drive D'. Asumsi sobat mempunyai dua partisi yaitu Partisi 1 dan Partisi 2 dengan Drive Letter C dan D.



Langkah 2 : Silahkan sobat masuk ke Control Panel - Administrative Tools - pilih Computer Management - pilih Disk Management


 Langkah 3 : Klik kanan pada partisi yang tidak mempunyai drive letter. Pilih  Change Drive Letter and Path - Klik Add - Pilih Drive Letter yang tersedia. Misal D.



Kemudian silahkan sobat coba cek pada Explorer sobat, dan lihat hasilnya, Mudah-mudahan artikel singkat ini dapat menjadi referensi dalam belajar.

7 Comments :

  1. mas aku mau nanya, Pc saya terpasang 2HDD. HDDI OS win7 + data, HDDII cuma OS win7 saja ga ada datanya. sebelum HDDII saya format dan install winnxp semua berjalan normal, semua drive bisa terdeteksi,baik booting pakai HDDI atau HDDII, tapi setelah saya install winxp pada HDDII, kalau booting pakai HDDI, HDDII bisa terdeteksi tapi kalau booting pakai HDDII, HDDI tidak terdeteksi. bagaimana cara mengatasinya agar semua drive bisa terdeteksi, terima kasih atas pencerahannya.

    BalasHapus
  2. tq bgt artikel nya simpel tp sgt membtu

    BalasHapus
  3. Terima Kasih, Artikelnya membantu sekali... ditunggu artikel yang lebih mendalamnya tentang harddisk

    BalasHapus
  4. sangat membantu gan , saya sangat berterimaksih :)

    BalasHapus
  5. trimakasih gan atas petunjuknya dan sudah berhasil akhirnya kebetulan ane habis inul tiba2 partitisinya hilang sempat bingung dan sekarang ada lagi dech..

    BalasHapus

Kritik dan Saran sangatlah dibutuhkan, agar blog ini menjadi blog yang lebih berkualitas, dan kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi para pengunjung yang telah berkomentar sesuai dengan tata cara yang benar dan tidak mengandung unsur negatif.

 

Komentar Terbaru

Pengarsipan

Info Blog

Free counters! SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Technology TopBlogIndonesia.com
W3 Directory - the World Wide Web Directory Copyrighted.com Registered & Protected 
QCFX-QQBN-4UEU-RIOH
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]