Latest Updates
Setting Router
Senin, 23 Juli 2012

[Basic WebDesigner]Pengertian Web Hosting

Web Hosting adalah meletakkan data situs web Anda pada sebuah server yang terkoneksi dengan jaringan Internet yang selanjutnya akan membuat situs web Anda bisa di akses di Internet. Sedangkan Hosting adalah tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain.

Perhatikan gambar di atas:
Anda telah membuat web di komputer Anda namun yang bisa melihat web Anda hanyalah Anda sendiri karena data situs web berada di komputer Anda.

Supaya situs web Anda bisa diakses di Internet, data situs web Anda harus disimpan di sebuah tempat yang bisa diakses oleh semua pengguna Internet. Tempat itulah yang dinamakan web hosting server.

Catatan Penting:
Web hosting hanya untuk menempatkan data situs web di sebuah server, dan belum bisa diakses oleh pengguna Internet.
Supaya situs web Anda bisa diakses dengan alamat tertentu situs web Anda harus memiliki “nama domain”

Jenis-Jenis Hosting yang Ada
Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu shared hosting, VPS atau Virtual Dedicated Server, dedicated server, colocation server.
  1. Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain. Artinya dalam satu server tersebut terdapat beberapa account yang dibedakan antara account satu dan lainnya dengan username dan password.
  2. VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.
  3. Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
  4. Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
 Semoga Bermanfaat :)

Posting Komentar

Kritik dan Saran sangatlah dibutuhkan, agar blog ini menjadi blog yang lebih berkualitas, dan kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi para pengunjung yang telah berkomentar sesuai dengan tata cara yang benar dan tidak mengandung unsur negatif.

 

Komentar Terbaru

Pengarsipan

Info Blog

Free counters! SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Technology TopBlogIndonesia.com
W3 Directory - the World Wide Web Directory Copyrighted.com Registered & Protected 
QCFX-QQBN-4UEU-RIOH
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]