Latest Updates
Setting Router
Minggu, 29 Juli 2012

[Example] Penggunaan Port Forwarding pada Mikrotik

[Example] Penggunaan Port Forwarding pada Mikrotik
Port Forwarding itu sendiri adalah semacam PAT (Port Address Translation) atau NAPT (Network Address and Port Translation). Sebagai contoh simpel, kita akan mengakses sebuah PC Proxy dengan IP Lokal : 192.168.1.1/24 akan kita akses melalui jaringan luar, atau publik, dalam hal ini kita akan mengakses melalui IP Publik modem kita. Kita mulai saja beberapa langkah mudah, ketika kita akan mengakses sebuah PC tersebut melalui jaringan internet. Berikut aturannya:

Kita akan mengakses PC Proxy dengan IP Lokal 192.168.1.1 dengan Port SSH: 22 , kita akan mengakses melalui putty, putty itu sendiri adalah sebuah aplikasi gratis untuk mengakases ssh, sobat bisa download di http://putty.org. Lanjut, kita mulai masuk ke terminal Mikrotik kita. Setelah berhasil Login, kemudian sobat masukan pertintah berikut:

/ip firewall nat add chain=dstnat dst-address=118.88.88.55 protocol=tcp dst-port=5900 action=dst-nat to-addresses=192.168.1.1 to-ports=22
Dari perintah di atas, kita dapat menerjemahkan sebagai berikut, Bila kita mengakses 118.88.88.55:5900 maka kita akan di teruskan ke 192.168.1.1:22, nah sobat bisa mencobanya, jangan lupa ganti IP di atas dengan kondisi jaringan sobat di rumah semua. Selebihnya bila ada pertanyaan, silahkan sobat poskan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Kritik dan Saran sangatlah dibutuhkan, agar blog ini menjadi blog yang lebih berkualitas, dan kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi para pengunjung yang telah berkomentar sesuai dengan tata cara yang benar dan tidak mengandung unsur negatif.

 

Komentar Terbaru

Pengarsipan

Info Blog

Free counters! SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Technology TopBlogIndonesia.com
W3 Directory - the World Wide Web Directory Copyrighted.com Registered & Protected 
QCFX-QQBN-4UEU-RIOH
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]