Latest Updates
Setting Router
Jumat, 01 November 2013

Cara Backup Database User Manager Mikrotik

Cara Backup Database User Manager Mikrotik
Bencana alias kerusakan tidak terduga pada Mikrotik OS baik hardware maupun software tidak dapat di tunda. Ada baiknya sebelum sesuatu itu terjadi, kita telah mempersiapkan backup data terlebih dahulu.

Mungkin jika script harus mengisikan kembali tidak apa-apa, tapi jika data user yang berada di user manager mikrotik hilang ? ini yang akan kita antisipasi. Baik tidak banyak bicara saya akan memberikan tutorial singkat bagaimana "Cara Membackup Database pada User Manager Mikrotik". 

Pertama, Masuk ke mikrotik anda menggunakan winbox, kemudian klik menu New Terminal dan selanjutnya ketikan perintah berikut :
/tool user-manager database save name=db_userman.umb
Jika berhasil, file hasil backup tersebut otomatis tersimpan di file list mikrotik anda dengan nama db_userman.umb. Sebaiknya file backup tersebut anda simpan di komputer agar jika sewaktu-waktu bencana menimpa router mikrotik (mati total) maka anda masih mempunyai backupnya di komputer dan tinggal menguploadnya kembali ke router yang baru.

Cara melakukan restore database user manager juga terbilang gampang. Upload terlebih dahulu file backup userman anda ke dalam root directory file list mikrotik. Kemudian buka New Terminal dan ketikan perintah berikut :
tool user-manager database load name=db_userman.umb
Selanjutnya coba masuk ke usermanager, jika proses restore database userman berjalan dengan baik maka semua data-data user manager anda akan kembali dengan sempurna.

Selamat Mencoba. Terima Kasih.

Posting Komentar

Kritik dan Saran sangatlah dibutuhkan, agar blog ini menjadi blog yang lebih berkualitas, dan kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi para pengunjung yang telah berkomentar sesuai dengan tata cara yang benar dan tidak mengandung unsur negatif.

 

Komentar Terbaru

Pengarsipan

Info Blog

Free counters! SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Technology TopBlogIndonesia.com
W3 Directory - the World Wide Web Directory Copyrighted.com Registered & Protected 
QCFX-QQBN-4UEU-RIOH
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]