Latest Updates
Setting Router
Sabtu, 19 Oktober 2013

[INFORMASI] Pengertian dan Manfaat Proxy Server

Proxy Server adalah sebuah komputer yang menjadi jembatan antara pengguna / komputer klien dengan internet, dalam hal ini sebuah komputer yang dijadikan sebagai Proxy Server akan melakukan request ke Internet berdasarkan permintaan Komputer Klien, sedangkan hasil dari request tersebut tersimpan dalam komputer Proxy Server selama waktu yang telah ditentukan, dan dapat dikatakan sebagai cache.

[INFORMASI] Pengertian dan Manfaat Proxy Server


Proxy Server sangat bermanfaat bagi para pengguna dengan koneksi internet yang kecil dalam artian bila komputer klien melakukan request terhadap situs/web tertentu yang sudah pernah dibuka maka komputer klien hanya akan mengambil konten yang sudah ada pada komputer yang bertindak sebagai Proxy Server. 

Dari Pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa manfaat Proxy Server sangat erat dengan browsing dan download sedangkan manfaat yang dapat dirasakan adalah kecepatan akses dan hemat akan koneksi internet yang kecil. 

Sebagai contoh bila Bandwidth sebuah warnet dengan Dedicated 1 MB, sedangkan komputer klien sebanyak 10 Komputer, maka bandwidth 1 MB tersebut akan terasa kurang bila semua komputer klien melakukan request ke internet, padahal semua request sama. Untuk itu jika terdapat Proxy Server, komputer yang melakukan request sama terhadap sebuah url/link sama, maka cukup mengambil konten dari Proxy Server, dan koneksi internet dapat dihemat untuk kebutuhan request lain.

Sekian terima kasih.

Posting Komentar

Kritik dan Saran sangatlah dibutuhkan, agar blog ini menjadi blog yang lebih berkualitas, dan kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi para pengunjung yang telah berkomentar sesuai dengan tata cara yang benar dan tidak mengandung unsur negatif.

 

Komentar Terbaru

Pengarsipan

Info Blog

Free counters! SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Technology TopBlogIndonesia.com
W3 Directory - the World Wide Web Directory Copyrighted.com Registered & Protected 
QCFX-QQBN-4UEU-RIOH
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]