Latest Updates
Setting Router
Senin, 16 Juli 2012

Mengatasi NTLDR is missing atau Not Found

NTLDR is Missing atau NTLDR not found hal ini sering terjadi, khususnya pada Laptop/PC dengan OS Windiows XP. Penyebabnya juga bermacam-macam, harddisk yang sudah rusak, RAM yang rusak atau serangan virus yang menyebabkan file NTLDR menjadi rusak atau corrupt. NTLDR dalam windows mempunyai peranan yang sangat penting, yaitu sebagai file yang mendukung dalam proses booting Windows, termasuk file Ntdetct.com dan boot.ini. Ketiga file tersebut merupakan file ini yang digunakan dalam proses booting Windows.

NTLDR is missing


Mungkin bagi sebagian orang bahkan mungkin sobat sendiri, langkah mudah untuk memperbaiki dengan cara install Ulang OS tersebut, Namun bila ternyata banyak data penting tersimpan pada drive C, alias drive sistem, mungkin sobat akan cari-cari lagi CD Booting agar bisa membackup data tersebut.

Solusi yang sebenarnya tergolong mudah adalah me-repair OS tersebut, tetapi tidak dengan otomatis repair, tetapi dengan cara manual, alias kita harus memberikan file NTLDR pada sistem yang rusak tadi., kita tinggal mengkopikan saja kembali file tersebut yang ada dalam master Windows ke drive dimana Windows tersebut berada.

LANGKAH-LANGKAH PERBAIKAN: 

Booting komputer lewat CD Windows XP, seperti kita akan mulai melakukan Installasi
Pilih menu repair manual dengan cara masuk ke Windows recovery console. Menu ini muncul setelah proses detecting hardware selesai.
Setelah menekan tombol “R” maka jendela Windows Recovery Consol akan muncul
Sebagai asumsi Windows anda terinstall di C:, sedangkan CD ROManda mempunyai letter D:, maka proses pengkopiannya adalah:
copy D:i386/ntldr C:
copy D:i386/ntdetect.com C:
Langkah berikutnya adalah dengan memperbaiki file boot.ini. Caranya masih pada posisi Windows Recovery Consol, ketik “type c:boot.ini. Perintah ini akan mengecek apakah file boot.ini valid apa tidak. Jika valid maka akan tampil tulisan berikut:

[boot loader]
timeout=30
default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS
[operating systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS="Microsoft Windows XP Professional" /noexecute=optin /fastdetect
Jika file boot.ini rusak atau corrupt, maka pesan akan ditampilkan kurang lebihnya seperti berikut:

The system cannot find the file or directory spesified
File not Found-boot.ini

Untuk mengatasi masalah di point ke 6, pada Windows Recovery Consol ketik “edit.com”, setelah ini MS-DOS editor akan terbuka, 
Buat file berikut ini dan simpan dengan nama boot.ini di drive C:
[boot loader]
timeout=30
default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS
[operating systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS="Microsoft Windows XP Professional" /noexecute=optin /fastdetect
Langkah terakhir adalah, coba restart komputer atau Laptop sobat, Bila kerusakan hanya pada sistem tersebut di atas, maka masalah NTLDR is missing akan teratasi, tetapi bila kerusakan pada hardware, masalah tersebut akan terulang. 
Artikel ini telah di uji coba, dan artikel ini ditulis berdasarkan apa yang dikerjakan, artikel ini pun mengambil dari beberapa referensi, seperti google.com

1 Comments :

Kritik dan Saran sangatlah dibutuhkan, agar blog ini menjadi blog yang lebih berkualitas, dan kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi para pengunjung yang telah berkomentar sesuai dengan tata cara yang benar dan tidak mengandung unsur negatif.

 

Komentar Terbaru

Pengarsipan

Info Blog

Free counters! SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Technology TopBlogIndonesia.com
W3 Directory - the World Wide Web Directory Copyrighted.com Registered & Protected 
QCFX-QQBN-4UEU-RIOH
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]